Sabtu, 12 Januari 2019

Kasus Pemasaran Global


1.1.  Latar Belakang
Pemanfaatan teknologi informasi telah membawa sejumlah perubahan yang signifikan dalam proses transformasi usaha bisnis melalui media digital. Memberikan berbagai peluang untuk melakukan transaksi E-Commerce.
E-Commerce sebagai suatu bentuk kemajuan teknologi informasi telah membawa sejumlah perubahan, diantaranya menurunkan biaya interaksi antara pembeli dan penjual, interaksi menjadi lebih mudah tanpa batasan waktu dan tempat, lebih banyak alternatif dan mempermudah promosi, peluang memperluas pangsa pasar tanpa harus memiliki modal besar, peningkatan transparansi dan pelayanan kepada konsumen (Bernadi, 2013).
Oleh karena itu, UD. Jaya Furniture dalam memasarkan produk meubel khususnya untuk kelas menengah ke atas memiliki minat yang kuat untuk memperluas pangsa pasar melalui E-Commerce.
Selama ini sistem pemasarannya mengandalkan media interaksi dengan konsumen (pelanggan) secara langsung dan masih berpusat pada lokasi tertentu. Hal ini tentunya menyulitkan pihak manajemen untuk meningkatkan jumlah penjualan dan memperluas cakupan area pemasarannya. Jumlah pesaing semakin bertambah sehingga menyebabkan manajemen sulit mempertahankan performansi dan kinerja usahanya dalam mencapai tingkat target profitabilitasnya.

1.2.  Analisis
Melalui pemanfaatan sistem e-commerce khususnya UD. Jaya Furniture dapat memperluas jangkauan pemasaran dengan memperkenalkan dan menjual produk-produk furniture yang memiliki ciri dan kekhususan dari segi seni, ciri dan modelnya. Sehingga UD. Jaya Furniture mampu bersaing lebih luas dapat memasarkan produknya secara global bahkan internasional. Dengan e-commerce dapat memberikan dampak positif bagi UD. Jaya Furniture itu sendiri, yaitu pendapatan bertambah sehingga mampu mencapai tingkat target profitabilitasnya.

Referensi

Sandy Kosasi. 2015. Perancangan dan Pemanfaatan E-Commerce untuk Memperluas Pasar Produk Furniture. Yogyakarta: Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015 (SENTIKA 2015).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar