Minggu, 08 Oktober 2017

Tulisan 3 - Peraturan Perundang-Undangan


PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN KOPERASI DI INDONESIA

1.    UU Koperasi No. 14 Tahun 1965
Koperasi adalah organisasi ekonomi dan alat revolusi yang berfungsi sebagai tempat persemaian insan masyarakat serta wahana menuju sosialisme Indonesia berdasarkan Pancasila.

2.    UU Koperasi No. 12 Tahun 1967
Koperasi adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha tertentu bersama berdasarkan atas kekeluargaan.

3.    UU Koperasi No. 25 Tahun 1992
Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Landasan dan Asas Koperasi menurut UU No. 25 Tahun 1992 adalah :
1)   Pancasila sebagai Landasan Idiil
2)   UUD 1945 sebagai Landasan Struktural
3)   Koperasi berdasarkan kekeluargaan

4.    UU Koperasi No. 17 Tahun 2012
Koperasi adalah badan hukum yang didirikan oleh orang perseorangan atau badan hukum koperasi, untuk pemisahan kekayaan para anggotanya sebagai modal menjalankan usaha, yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama dibidang ekonomi, sosial, dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi.

Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan UU No. 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 dan tidak lagi mempunyai kekuatan hukum mengikat. Dalam pertimbangannya, hakim menyatakan bahwa dalam UU Perkoperasian ternyata tidak sesuai dengan hakikat susunan perekonomian sebagai usaha bersama dan berdasarkan asas kekeluargaan yang termuat dalam Pasal 33 (1) UUD 1945.

Credit Union
Credit Union atau Koperasi Kredit merupakan lembaga keuangan yang bergerak dalam bidang simpan pinjam yang dimiliki atau dikelola oleh anggotanya, dan mempunyai tujuan untuk mensejahterakan anggotanya tersebut.

Tiga prinsip utama dalam Credit Union, yaitu :
1)   Asas Swadaya (tabungan yang diperoleh hanya dari anggota koperasi tersebut)
2)   Asas Setia Kawan (pinjaman hanya diberikan kepada anggota)
3)   Asas Pendidikan dan Penyadaran (membangun watak adalah tujuan utama, dan mempunyai watak baik adalah yang diberikan pinjaman)

Persamaan koperasi dengan credit union adalah ingin mensejahterakan anggota koperasi tersebut. Dengan asas kekeluargaan koperasi tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar. Koperasi dan credit union memberikan pinjaman dana kepada anggotanya. Credit union memperoleh dana hanya dari anggota koperasi kredit tersebut dan pinjaman hanya diberikan kepada anggota yang berwatak baik dan mempunyai etika baik agar bisa memperoleh dana dari credit union tersebut.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar