Minggu, 08 Oktober 2017

Tulisan 4 - Kospin Jasa


CONTOH LEMBAGA KOPERASI DI INDONESIA
KOPERASI SIMPAN PINJAM “JASA”

Logo_Kospin_Jasa.gif





*   Sejarah
Kospin Jasa didirikan oleh beberapa pengusaha kecil dan menengah pada decade 1970-an. Tujuan pendirian Koperasi Simpan Pinjam Jasa adalah memberikan solusi dalam mengatasi kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha mereka, karena umumnya bisnis mereka masih dikelola dengan cara tradisional.
Untuk menanggulangi kesulitan mengenai modal tersebut, maka diadakan pertemuan pada tanggal 13 Desember 1973 di kediaman Bapak H.A. Djunaid (Alm) yang juga salah satu tokoh koperasi nasional. Pertemuan tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat dari tiga etnis, yaitu: pribumi, keturunan Cina dan keturunan Arab. Mereka semua sepakat untuk mendirikan koperasi yang menjalankan layanan simpan pinjam. Berdasarkan persetujuan dari semua pihak, koperasi ini diberi nama “JASA” dengan harapan akan mampu memberikan pelayanan dan manfaat bagi anggota, gerakan koperasi, masyarakat, dan pemerintah.
Sejak berdiri hingga sekarang, Kospin Jasa telah aktif mengikutsertakan semua pihak dan golongan tanpa memandang suku, ras, dan agama. Hal ini semata-mata hanya untuk bersatu padu dalam hidup berdampingan untuk memecahkan masalah di bidang ekonomi secara bersama-sama dalam satu wadah koperasi. Itulah sebabnya Kospin Jasa menerima gelar sebagai “Koperasi Kesatuan Bangsa”

*   Visi dan Misi
·      Visi
Terwujudnya Koperasi Simpan Pinjam yang mandiri dan tangguh dengan berlandaskan amanah dalam membangun ekonomi bersama dan berkeadilan di Indonesia.


·      Misi
Upaya untuk mewujudkan VISI, Koperasi Simpan Pinjam Jasa melakukan aktifitas sebagai berikut :
-  Mengajak seluruh potensi yang ada dalam masyarakat dengan tanpa membedakan suku, ras, golongan dan agama, agar mereka dapat bersama-sama, bersatu padu dan beritikad baik dalam membangun ekonomi kerakyatan secara bergotong-royong dalam membentuk koperasi.
-  Membantu para pedagang kecil dan menengah didalam mobilisasi permodalan demi kelancaran usaha sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.
-  Turut membantu pembangunan ekonomi dan menunjang pelaksanaan kegiatan usaha secara aktif dengan mengajak mitra usaha lainnya baik BUMN, swasta, perbankan maupun gerakan koperasi lainnya.

*   Logo
Logo Kospin Jasa diwujudkan dalam tulisan Kospin Jasa dimana di tengah-tengah tulisan, terdapat symbol “roda” yang bergerak secara dinamis membentuk inisial “J” dengan berbagai jenis warna, yang menggambarkan “pluralisme” dan kebersamaan yang saling mengisi dan menghormati.
Simbolisasi dari falsafah roda sesuai dengan visi Kospin Jasa sebagai koperasi simpan pinjam, sehingga orientasi ke depan adalah mewujudkan koperasi simpan pinjam yang mandiri dan tangguh berlandaskan amanah dalam membangun ekonomi kerakyatan yang berkeadilan.
Warna pada roda berkaitan dengan misi, yang mengajak seluruh potensi dalam masyarakat tanpa memandang ras, golongan dan agama, agar mereka dapat bersatu dalam itikad baik untuk membangun ekonomi secara bergotong-royong dalam wadah yang disebut koperasi.

*   Produk dan Layanan
·      Pinjaman
1)   Pinjaman Sepeda Motor
2)   Pinjaman Talangan Dana Haji
3)   Pinjaman Anuited
4)   Pinjaman Insidentil
5)   Pinjaman UMK
6)   Pinjaman Harian
7)   Pinjaman Investa Griya
·      Layanan
1)   Mobil Kas Keliling
2)   SMS Notifikasi
3)   M-Jasa

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar